Kamis, 20 April 2017

Arthur Schopenhauer


Merupakan salah satu filsuf modern baru, yang lahir di Danzig, yang sekaran ini menjadi polandia 1788. beliau merupakan anak dari pedagang. Ayahnya meninggal waktu beliau masih kecil, dipastikan ayahnya meninggal karena bunuh diri. Karena  memisahkan diri dari ibunya.Beliau lebih memilih menjadi filsuf, mendalami fisika, kimia, astronomi dan biologi. Dibanding dengan menjadi seorang pedagang. Pada tahun 1822 beliau mengajar di Universitas Berlin.

Ciri khas dari Arthur Schopenhauer ialah kesombongannya, selain pesimisinnya. Terdapat fakta, bahwa beliau menantang Hegel, yang sejak itu menjadi profersor terhebat di Universitas Berlin. Hal ini membuat iya mendapat penolakan, dari berbagai pihak yang ada di Universitas itu. Terutama Mahasiswanya sendiri, tidak ada yang datang pada jam kuliah yang diajarkan beliau.Setelah itu, beliau memutuskan untuk tinggal di Frankurt sebagai penulis. keadaan beliau terjamin sejak itu, karena berkat peninggalan harta warisan ayahnya. Dan memutuskan untuk tidak menikah untuk selamanya.

Ibu schopenhauer merupakan wanita terpelajar. Tetapi sangat disayangkan karena beliau sangat menyanyangi anaknya dengan sepenuhnya. Terlihat pada saat dia salah, beliau menghukumnya. Dan beliau menanamkan rasa duka yang hampa (sedih berkepanjangan). Beliau meninggal pada tahun 1860.

Pemikiran filosofis beliau sangat di pengaruhi Immanuel Kant dan pandangan Budha.pandangan filosofisnya yaitu tentang " Kehendak metafisik dan Pesimisme. Yang dikenal Das Ding an Sich yang beliau sebut "kehendak". Selanjutnya, tentang Pesimisme, Beliau menyatakan bahwa kenyataan itu seluruhnya jahat. Karena kehidupan itu lebih mementingkan dirinya sendiri dan hina. Oleh karena itu, untuk menjadi baik harus ada tindakan simpati.

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa beliau memberikan sebuah doktrin kentang kehendak. Karena tidak adanya unsur logis dengan pesimisme. Terpenting ialah beliau berhasil mengembangkan akar-akar pemikiran dari filsuf. Dan memberikan pandangan baru kepada filsuf.



DAFTAR PUSTAKA :

http://gigihprakarsa.blogspot.co.id/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBEBASAN MENURUT JEAN PAUL SARTRE Pendahuluan Berbicara mengenai kebebasan dapat dikatakan bahwa manusia tidak pernahsampai kepada su...